Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Ke Generasi

Sejarah Perkembangan Komputer

Di era modern komputer sangat dibutuhkan manusia dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Komputer merupakan alat elektronik yang tersusun dengan beberapa komponen lalu komponen-komponen tersebut bekerja sama untuk memberikan sebuah informasi dari program yang sudah terpasang dalam komputer dan mengolah data secara akurat. Tidak bisa dilupakan perkembangan komputer dan sejarah nya dari pertama kali ditemukan dan sampai dengan detik ini di kembangkan, digunakan memerlukan waktu sampai puluhan tahun lama nya.

Istilah komputer berasal dari kata yunani "computare " kata tersebut gabungan dari kata "com" yang mempunyai arti menggabungkan sedangkan pature artinya memikirkan perhitungan. Jika dalam bahasa inggris compature disebut to compute atau menghitung.

Jika diartikan secara detail menurut para ahli, komputer dapat diartikan sebagai alat yang dapat mengerjakan tugas untuk menerima input, menyimpan, memproses input dan membuat output.

Sejarah Komputer

Komputer pertama kali ditemukan oleh seorang yang bernama charles babage yang dikenal sebagai penemu komputer didunia beliau sangat berjasa karena sudah menemukan alat yang sampai saat ini sering di pakai manusia untuk membantu mengerjakan sesuatu yang sulit dipecahkan. Taka hanya itu beliau bahkan disebut sebagai bapak komputer karena sudah menemukan differnce engine no 1 atau mesin penghitung tak heran sejarah beliau tak pernah dilupakan.

Baca Juga:


Perkembangan Komputer

Sejarah berkembang nya komputer selalu mengalami perubahan dari generasi ke generasi berikutnya. Tentu dibalik proses perkembangan nya selalu ada yang mewakili seperti yang disebutkan diatas charles babage orang pertama kali yang menemukan.
Seiring waktu dan jaman yang makain laun makin canggih teknologi komputer menjadi prioritas utama yang di kembangkan mulai dari komputer generasi pertama sampai yang saat ini generasi kelima. Dibawah ini adalah penjelasan dari komputer pertama sampai ke lima.

1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Yang pertama yaitu ENIAC (electronik numercial integrator and calculator) atau digital elektronik dirancang sejak tahun 1942 tapi mulai dikerjakan di tahun pada tahun 1943 oleh Dr. john W maunchly dan john presper eckert di salah satu universitas of pennslynavia selesai pada tahun 1946.

Ketika pertama kali nya di operasikan program ENIAC membutuhkan tenaga listrik cukup besar 140 killowat. Sangat wajar dengan tenaga yang besar karena program ENIAC sangat memiliki bobot mesin 30 ton.

Sejarah komputer generasi pertama mempunyai ciri khas yang khusus dalam menjalankan pengoperasian nya yaitu intruksi mengoperasikan dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai kode program kaya kode biner, Hal ini membuat program yang dijalankan sedikit sulit dan faktor di batasi kecepatan.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Pertama

  1. Pemograman dibuat khusus untuk mengerjakan tugas tertentu
  2. Ukuran mesin yang besar dan memerlukan ruang cukup luas
  3. Membutuhkan daya listrik cukup besar
  4. Prosesnya kurang cepat
  5. Program hanya dibuat dengan bahasa mesin

2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Pada perkembangan yang kedua ini telah ditemukan sesuatu yang penting yaitu transistor alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang kecil. Dengan ditemukan alat tersebut mampu mempengaruhi komputer generasi kedua dan para ilmuan mulai mengerjakan komputer generasi kedua kala itu.

Mesin pertama yang menggunakan teknologi ini adalah super komputer. IBM telah melakukan pembuatan super komputer dengan nama stretch serta sprey rand dan membuat komputer bernama larc. Komputer generasi kedua ini telah mengganti bahasa pemograman bahasa mesin di ganti dengan bahasa assembly. Assembly bahasa singkatan untuk digunakan mengganti kode biner.

Awal tahun 1960an komputer generasi kedua sukses meluncur ke bidang-bidang bisnis salah satu nya pada pemerintahan dan universitas yang sudah menggunakan secara penuh transistor.

Komputer generasi kedua telah memiliki tempat penyimpan data sendiri dan kapasitas memori utama dari magnetic core stroge serta menggunakan bentuk simpanan luar magnetic tape dan disk.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua

  1. Ukuran mesin yang sudah lebih kecil
  2. Sudah menggunakan bahasa pemograman tingkat tinggi cobol dan forton
  3. Daya listrik yang dibutuhkan semakin kecil
  4. Kapasitas memori utama dari magnetic core stroge
  5. Proses operasi pada perangkat lebih cepat
Bahasa assembly digunakan untuk kode-kode seperti singkatan yang mengganti kode biner. Pada masa nya komputer generasi kedua ini sangat laris di pasaran karena komputer ini mampu mendesain, menghitung dan mencetak data-data.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Perkembangan komputer di generasi ketiga dimulai saat ilmuan yang bernama jack billy melakukan sebuah penelitian. Beliau menganggap bahwa penggunaan transistor membuat kinerja komputer lebih cepat panas. Pada tahun 1958 jack billy menemukan sebuah komponen yang lebih canggih untuk menggantikan transistor, komponen tersebut memiliki nama IC (intregatet circuit) meruapakan sebuah chip yang kecil namun mampu mengumpulkan serta menampung banyak nya komponen menjadi satu.

Seorang yang bernama Fairhcild semiconductor dan texas istruments merupakan yang pertama kali membuat komponen tersebut pada tahun 1959 yang ada 6 transistor saja. Jika kita bandingkan dengan prosesor saat ini yang dapat menampung ratusan transistor ini lah yang dinamakan perkembangan luar biasa dalam kurung waktu setengah abad dan komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Ketiga

  1. Mampu melakukan komunikasi antar komputer lain
  2. Peningkatan dari sisi software
  3. Kapasitas memori lebih besar yang mampu menyimpan ratusan karakter
  4. Harga nya lebih murah ketimbang generasi sebelum nya
  5. Pemograman yang lebih cepat berlipat kali dari sebelum nya
  6. Daya listrik yang dipakai lebih irit dan kecil
Dengan hadirnya komputer generasi ketiga yang ukuran nya lebih ramping dan kecil serta lebih cepat dari segi sektor sistem operasi yang mampu menjalankan beberapa program secara bersama.

4. komputer Generasi Keempat (1979-2000)

Pada komputer generasi keempat ini sudah memiliki layar monitor yang menggunakan satu warna salah satu contoh nya adalah Apple II. Bahasa pemograman pun sudah berganti menjadi microsoft basic.

Komputer di generasi ini belum memiliki standar komputer yang terutama pada sektor personal komputer atau PC, istilah PC muncul karena perangkat komputer mulai di pasarkan untuk perorangan atau individual.

Komputer generasi keempat sudah menggunakan chip IC lalu dikembangkan lagi oleh salah satu perusahaan very large scale yang membuahkan hasil berupa satu chip yang bisa menampung banyak komponen.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat

  1. Sudah dikembangkan oleh mikro yang sudah menggunakan micro processor dan semiconduktor dengan bentuk chip sebagai memori komputer.
  2. Sudah menggunakan LSI (Large Scale Integration)
Dari komputer generasi ini lah para individual dapat mempunyai komputer untuk keperluan sehari-hari dalam menjalankan pekerjaan nya.

5. Komputer Generasi Kelima (Sekarang)

Pada generasi kelima ini adalah komputer yang biasa kita gunakan untuk kebutuhan kerjaan. Komputer generasi kelima sering disebut sebagai komputer masa depan ya sekarang ini sampai ada pengganti generasi selanjutnya.

Perkembangan teknologi dengan beberapa bukti yang sekarang kita alami yaitu ada nya smartphone, netbook dan tablet sebenar nya masih ada lagi namun kita singkat aja supaya tidak terlalu banyak. LSI atau large scale integration merupakan salah satu perkembangan yang terjadi digenerasi lima ini, LSI sendiri merupakan teknologi pemadatan dengan ribuan micro processor dalam sebuah micro processor saat ini.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kelima

  1. Fitur semakin banyak
  2. Proses pemograman dan informasi yang lebih cepat
  3. Masih dengan LSI yang memilik perkembangan
Namun kita perlu ketahui mungkin akan ada orang yang menemukan komputer yang lebih canggih dari generasi sekarang tapi kita tak tahu kapan hal itu terjadi.

Baca Juga:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Ke Generasi"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.