Politik Dalam Ranah Gerakan Perempuan

Kemajuan zaman telah banyak mengubah pandangan tentang perempuan, mulai dari pandangan yang menyebutkan bahwa perempuan hanya berhak mengurus rumah dan selalu berada dirumah, sedangkan laki - laki adalah seseorang yang harus berada diluar rumah. Perempuan memiliki peran ganda yaitu sebagai perempuan karier dan sebagai ibu rumah tangga.

Kemudia dengan adanya perkembangan zaman dan emansipasi menyebabkan perempuan memperoleh hak yang sama seperti laki - laki.

Perjuangan untuk memperoleh hak yang sama secata tegas dilakukan oleh R.A kartini.

Kesejajaran perempuan dengan laki - laki sebagai usaha yang tidak sia - sia apabila perempuan itu sendiri berusaha sesuai dengan kemampuannya, sehingga dengan kemampuan yang sama maka akan sanggup setara atau bersaing dikehidupan dengan kaum laki - laki. 

Perempuan indonesia mempunyai persamaan hak dalam bidang kepemimpinan dan partisipasi dalam bidang politik.

Persamaan hak perempuan dalam berbagai bidang kehidupan sudah merupakan agenda di zaman sekarang ini, prestasi dan keterampilan yang ditunjukan kaum perempuan selama ini sudah memunculkan anggapan bahwa antara perempuan dan laki - laki tidak banyak terdapat perbedaan dalam hal prestasi dan keterampilan tersebut dapat dilihat dari kepemimpinan dan peranan perempuan dalam kehidupan politik. 

Kekuatan berupa ketegaran, ketegasan dan ketepatan dalam mengambil keputusan merupakan ciri yang dimiliki perempuan sekaligus menjadi syarat bagi seorang pemimpin.

Seorang pemimpin dapat meningkatakan hasil lebih baik dari sebelumnya dan memiliki prestasi kerja yang lebih baik pula, sehingga seorang pemimpin perempuan akan diakui kepemimpinannya oleh bawahan nya maupun orang lain, karna kemampuan memimpin yang baik, apalagi berhasil mencapai tujuan institusi yang dipimpinnya.

Kempemimpinan seorang perempuan dilihat dari bentuk kedewasaannya dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya terutama sesuai bidang yang dipimpinnya.

Perempuan indonesia memiliki peranan dalam pembangunan dibidang politik. baik terlibat dalam kepartaian, legislatif, maupun dalam pemerintahan.

Partisipasi dalam bidang politik tidaklah semata - mata hanya sekedar pelengkap saja melainkan harus berperan aktif di dalam pengambilan keputusan politik tersebut.

Hak suara perempuan memilik kesejajaran mengambil dan menentukan keputusan.

Tetapi dalam hal tersebut bukan berarti ia melupakan tugas nya sebagai ibu rumah tangga.

0 Response to "Politik Dalam Ranah Gerakan Perempuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel